Pengalaman magang arsitektur (Lanjutan pengalaman interview magang)

assalamualaikum sayang
hehe

ya jadi sekarang sebenernya gua udah selesai magang, tapi belom ditutup secara resmi gitu lah. maksudnya ya belom ada surat tanda selesai magang dari lembaga tempat gua magang. ya sebenernya tinggal nunggu itu aja. insyaallah.

ya jadi disini tuh orang orangnya talkactive banget ya, mereka ada aja yang dibahas dan diobrolin. sedangkan gua orangnya awkward banget kan, apalagi sama orang baru. jadi gua kaya anak ilang aja gitu biasanya kalo lagi jam kerja, kecuali kalo lagi mau dikasih kerjaan. sumpah ya selama magang ditempat ini tuh gua rasa gua doang yang pendiem ya wkwk

ok kalo masuk ke kerjaannya. disini pas pertama kali banget gua dikasih sebuah kerjaan untuk membantu perancangan dan visualisasi untuk hunian warga yang kampungnya perlu ditata kembali agar menjadi kampung yang lebih baik bagi masyarakat. asyik. disini gua cuma membantu loh ya. tanggung jawab hasil desainnya semua ya dipegang sama staff yang bertanggung jawab atas program penataan kampung ini.

jadi disini ya kurang lebih sepertinya hasil rancangan dan visualisasi gua ini cuma jadi hmm apa ya. dibilang referensi juga nggak sih ya. tapi kaya "ya kita liat dulu nih anak bikin apaan" gitu. baru dah abis itu staffnya bikin gimana gimana. sekarang sih setelah liat hasilnya gua rasa ide gua hampir sama sekali gaada ya wkwkwk ya namanya juga gua masih belajar, masih banyak kekurangan ini itu hehe

buat yang penasaran sama apa aja yang udah gua kerjain selama ditugaskan buat ngebantu penataan kampung ini ya bisa diliat disini nih




masih jelek ya? hahaha maapin. segini doang ya? ya kalo yang arsitekturalnya ya begini aja emang. tapi apakah kaya gitu itu "doang"? :( gatau lah ya. oiya tadi dibilang kalo yang arsitekturalnya begini aja, emang ada yang gak arsitektural? wah ada banget. banyak kerjaan yang gua kerjain yang diluar pekerjaan arsitektural begini. salah satunya yang udah gua kerjain adalah ngetranslate. ya. translate.

jadi saat kalian magang ini kalian bisa disuruh apa aja ya, selama kalian diliat dan dianggap bisa. jadi suatu saat lembaga tempat gua magang ini ngadain sebuah acara diskusi publik. nah diskusi publik ini dibackground panggungnya itu mau nayangin slideshow tulisan tulisan tentang bahan diskusinya kan. sedangkan bahannya ini in english. asyik. gua gatau ya itu sumbernya darimana yang jelas gua disuruh translate agar semua peserta diskusi bisa ngerti. karena gua dianggap bisa akhirnya gua disuruh translate dah itu.

selanjutnya selain translate juga gua diminta untuk membuat tulisan tentang program CAP yang sedang gua jalanin. ya maksudnya kaya artikel gitu yang gunanya buat diupload ke web nya lembaga tempat magang gua. jadi gua disuruh baca buku tentang handmade urbanism. bukunya bagus banget sih. selain ngejelasin tentang apa itu handmade urbanism, bukunya juga ngasih contoh penerapannya pada beberapa negara berkembang. ohiya sebelumnya gua mau kasih tau apa itu handmade urbanism. singkatnya sih ya penataan yang melibatkan warga lokal baik dari ide maupun pekerjaan fisiknya. nah cocok banget nih buat diterapin di negara negara berkembang. salah satunya ya Indonesia. banyak wilayah yang bisa menerapkan handmade urbanism ini. salah satunya ya tempat gua melaksanakan CAP. yaudah cocok kan. kemudian gua diminta untuk menghubungkan antara kampung tempat gua CAP sama buku ini. tulisan gua juga alhamdulillah udah di publish di webnya tapi gamau gua kasih disini lah wkwkwk karena gua gamau kalian tau tempat magang gua wkwkwk

selain itu juga gua sempat diminta buat bikin backdrop. jadi di kampung tempat gua CAP ini ada suatu perayaan dan acaranya pake panggung gitu kan, nah gua diminta bikin backdrop, ya lagi lagi cuma bantuin aja. tapi kali ini sebagian besar ide gua masuk kok wkwkwk alhamdulillah. terus juga gua diminta untuk ngebuat mading. jadi di acara ini selain ada panggungnya ada madingnya juga. nah gua sama temen magang lainnya bertiga deh bikin bagi bagi tugas gitu.

ok guys jadi sejauh yang gua inget ya kurang lebih ini yang gua kerjain
mungkin kurang greget karena gua sambil kuliah
ngiri gua sama kampus yang ngasih waktu khusus buat mahasiswanya magang
jadi magangnya bisa lebih serius gitu kan
tapi ya apa boleh buat, semua sudah terjadi, ku sudah pilih kampus dan sudah tahan sampai sekarang
mudah mudahan lulus 4 tahun yaaa hahaha

assalamualaikum
muah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BHAK

Keluh kesah mahasiswa arsitektur