cerita akibat tidak ada kerjaan

yaa seperti biasa, kalu ada post baru di blog ini artinya apa? ya, saya sedang nganggur.

btw halo semua hihi alias w yakin yg baca gak sampe 5 orang.

aku sekalian update cerita hidupku aja ya hihihi jadi sejak lulus kuliah ni gw merasa hidup gw ini kaya naik level. naik level di sini maksud gw makin sulit, bukan gwnya yg naik level wkwkwk nyari kerja susah bgttt sampe ingin bunuh diri hehehe nggak deng. gw udah lulus sejak juli 2019. ya sekitar agustus lah gw mulai cari2 kerja. oiya sebelum cari kerja, sebagai mahasiswa arsitektur pastinya gw bikin portfolio dulu. gw mulai cari2 referensi portfolio yg bagus di awal agustus terus mulai bikin dan akhirnya dipake buat apply ke beberapa perusahaan (alias banyak banget bos).

setelah beberapa minggu, gw dapet panggilan pertama gw di sebuah showroom furniture. di sini tuh seleksinya ada tiga tahap. pertama psikotest, kedua interview hrd, ketiga interview user. singkat cerita gw udah selesai tahap ketiga dan katanya akan dikabarin dalam 2 minggu. setelah 2 minggu gw follow up tuh. apa jawabannya? katanya lagi proses review, 2 minggu. jah. setelah 2 minggu lagi gw follow up lagi. jawabannya apa? ga ada hehehe

kedua, gw dapet panggilan interview lagi. tapi bedanya kali ini interview online via skype. perusahaannya ini adalah biro arsitektur. gw di kasih tau interview jam 12 tapi akhirnya mulai jam 1. interview berlangsung sampai setengah 3. kemudian jam 3 gw dikasih tugas (yela) alias test gitu. di situ gw disuruh buat gambar kerja (denah dan potongan), colored floor plan sama 3d rendering dari sebuah unit apartment. waktunya sampe jam 6, sudah pasti tidak cukup wkwkwk tapi semua pekerjaan selesai kecuali renderingnya. kenapa? karena sampe jam 6 aja itu sketchup gw belom kebuka wkwkkw sketchup tuh software buat bikin 3d ya temen2. sudah dipastikan interview ini gagal juga.

lanjut, gw dapet panggilan lagi nih. tapi kali ini untuk magang di sebuah perusahaan home and living. gw dateng dan ditanya2 ekspektasi gw magang di situ gimana. setelah itu interviewernya jelasin bahwa magang di sini, pemagang akan diarahkan ke arah manajerial. jadi gak hanya design aja. bahkan bisa dibilang lebih sedikit designnya kalo kerja atau magang di sini katanya. setelah itu ditest untuk bikin gambar kerja juga di situ. setelah itu, beberapa hari kemudian dapet email, katanya belum cocok wkwkwkw anjing emang ya gagal mulu gw. tapi gpp harus sabar.

btw gw dipanggil lagi untuk interview di sebuah biro arsitektur lansekap. ketika gw dateng, gw disuruh bikin sketsa awalnya. tapi w gak bawa pensil, akhirnya pake pulpen faster absurd banget dah wkwkwkwwk yaudah abis itu si ibu yg tadi nyuruh gw sketsa bilang kalo maksudnya bikin di komputer................. ya bukan sketsa dong namanya. tp gpp aku tetap semangat. terus dia bilang aku harus masukin suasana yg bagus seperti orang dan pohon gitu. pas aku mau download orang dan pohonnya ternyata komputernya gak terhubung ke internet alias di kantor ini emang gak langganan internet hihihi yaudah singkat cerita aku di interview. setelah berbincang selama interview, aku ambil kesimpulan kalo di perusahaan ini bosnya mau aku itu bisa utamain kerjaan dibanding apapun. hmmm ku rasa ini berat juga ya.

tapi akhirnya aku diterima dan masuk hari pertama. setelah masuk hari pertama, tanpa maksud untuk merendahkan perusahaan, aku ngerasa gak cocok dan gak nyaman di situ. pertama lokasi yang jauh dari rumah, kalo bawa motor jujur capek banget, naik transport umum pun transitnya bisa 3 kali. apalagi kalo jam pulang kerja, itu bisa sampe rumah jam setengah 10 malem. kedua, gajinya kurang bagus. sebenernya aku gak target gaji gede2 sih, tapi kalo pertimbangin capeknya bolak balik yaaa amsyong juga hehehe ketiga, gw tau mungkin yg namanya kerja itu emang bosenin, atau nggak? tapi ini bener2 bosenin banget. gini maksud gw. kuliah tuh capek, tugas numpuk, ngerjar nilai, ngejar bimbingan dll. tapi yg dikerjain itu seru, bikin design, bikin gambar, proses asistensi dll. intinya di situ ada progres gimana itu dari awal sebelum design sampe designnya jadi. di perusahaan ini, gw cuma dikasih kerjaan, bikin ini aja pokoknya. tapi gw gak diajak untuk berpikir di situ. dan gw merasa gw akan bisa berkembang lebih baik di perusahaan lain, jadi aku resign.

berikutnya aku dipanggil interview lagi sebagai lighting designer. jujur aku tertarik banget karena ini di kuliah gak diajarin dan aku bener2 penasaran banget ngedesign pencahayaan itu gimana. setelah dateng orgnya juga baik2 banget. aku dibuat nyaman. tapi sayang banget gak diterima wkwkwk sedih deh. salah satu yg paling aku kecewa karena gak dapet kerja di sini.

berikutnya aku dipanggil lagi untuk interview. posisinya interior designer. ini perusahaan gw liat portfolionya dan gw merasa taste gw cocok banget sama mereka. kemudian gw dateng tu awalnya ditest dulu. pas itu yang ditest 6 org. kemudian dipanggil interview. pas tahap interview cuma dua orang. pas interview juga orgnya baik2 banget. asik2 dan ramah gitu. tapi aku gak dikabarin lagi kwkwk jahat banget. tapi karena udah sering ditolak perusahaan jadi aku gak kecewa2 banget sih.

terus dapet panggilan lagi untuk interview. sama lagi posisinya interior designer. ini parah banget lagi interviewnya pas aku lagi sak:( nanti aku ceritain deh dipost berikutnya tentang sakit ini. jadi tuh pagi2 aku lagi sakit tetep berangkat interview naik krl. di jalan tuh jujur mata gw kunang2 bangett. akhirnya gw turun di stasiun klender. bayangin lagi sakit, berdiri di kereta. akhirnya pas lewat lagi kereta yg agak sepian, aku masuk, alhamdulillah dapet duduk. singkat cerita aku sampe di kantornya. pas di liat portfolio aku, mereka bilang "jujur, masih kurang realistis untuk standar kita" ya aku sadar diri kok:( terus katanya kalo mereka tertarik nanti mereka bakal hubungin. ya gimana dari omongan aja udah ketauan banget gak tertarik wkwkwkw tp gpp aku tetap semangat

kemudian sempet dapet beberapa panggilan yg aku tolak dengan berbagai alesan kaya bentrok dengan interview lain, ada yg manggil pas aku udah dapet kerja (yg aku resign lagi), dll lah pokoknya. singkat cerita sekarang aku kerja di vendor untuk event organizer gitu. di sini aku kerja jadi 3D designer untuk design event. yg jadi masalah ni sejak ada corona, banyak event yg batal/ditunda sampe waktu yg gak ditentukan. akhirnya w nganggur dirumah. bulan kemarin sih masih kerja sampe pertengahan maret. nah april ini bener2 kosong, mudah2an tetep dpet gaji full ya:( HEHEHEE GATAU DIRI YA ANJING WKWWK TAPI GPP NAMANYA JUGA DOA HEHEHE aamiin!!!!!!!!! paling serius!!!! dah segini dulu ya ceritanya hehehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman magang arsitektur (Lanjutan pengalaman interview magang)

BHAK

Keluh kesah mahasiswa arsitektur