Tips naikin winrate di mobile legends (intro curhat dikit)

assalamualaikum

hmm ya jadi harusnya gua lagi bikin cv sama portfolio sekarang tapi karena mager melanda jadi ya
gitu dah

dan gua lagi sakit mata jadi kaya ngapa ngapain mager gitu sih, padahal sakit mata mah sakit mata aja ya kagak ada hubungannya. ya jadi beberapa hari belakangan mata gua gatel gitu kan. lama lama makin gatel banget jadi ya gua gosok gosok. padahal udah gua tahan tahan tapi beneran dah lama lama gatel banget.

kemudian suatu pagi gua ngerasa makin sakit mata gua pas bangun tidur. ketika nyokap masuk kamar doi bilang "kenapa itu mata kamu gede sebelah". kemudia doi nawarin salep. yaudah salepnya diolesin ke mata gua gitu kan. diolesin didalem matanya dong padahal kan salep ya. tapi kata nyokap gua emang gitu yaudah gua nurut aja. terus pas gua baca ada tulisan "external use only". yaaa gimana ya wkwkwk

ya alhamdulillah gak kenapa napa sih. tapi abis itu sorenya gua beli rohto ice cool. maksudnya sih buat bersihin mata yang udah terkontaminasi oleh salep yang disalahgunakan hahaha itu langsung gua tetesin 10 kali ya malemnya. mata gua berair aja dah.  tapi alhamdulillah paginya sih udah gak kerasa apa apa mata gua. bukan lumpuh ya:( maksudnya udah enak aja gitu tapi masih gede sebelah sih.

nah karena sakit mata ini gua jadi mager kan. kemudia gua mengisi kemageran gua dengan memainkan sebuah permainan ala ala zaman jigeum. yaitu mobelejen. hmm ya kayanya sih banyak yang main ya.

ya gua ngerasa iba aja sih sama mereka mereka yang main game itu. namanya game online ya bisa di akses siapa aja kan. termasuk anak dibawah umur. kita yang udah katanya merasa udah dewasa dan gak bocah lagi harusnya bisa membimbing mereka menjadi gamer yang baik kan ya. anjir gamer yang baik:( ya tapi yang gua liat sih kaya more than half people yang main game ini sih gak bisa ngontrol kata kata yang diucapkan gitu ya.

misal ada temen satu tim yang mati, keluar lah itu kata kata bijak mulai dari kntl sampe ngntd hmm agak kurang baik untuk dilihat anak anak ya. menurut gua sih dengan berkata kata bijak seperti itu gak akan membuat gua jadi menang gitu. actually i used to said those word as well. kesel juga sih kalo dapet tim yang.. hmm gimana ya.. kaya melihara kebodohan gitu wkwk but then again, saying harsh words won't make them play any better. bahkan ada yang ngambek terus afk hahaha itu biasa. jadi lebih baik gua diam. bahkan kadang yang cupu malah lebih galak loh.

buat kalian yang masih suka marah marah di mobile legends gua kasih tau ya. sometimes things just wont go your way. even if you try to play well, sometimes you will die by mistake or anything like that. dan itu gapapa. bukan berarti lu pemain yang buruk, it's just not your day. cristiano ronaldo pun pernah gagal ngegolin disaat udah gaada kiper, whatcha expect from common player? akuin aja deh, kadang kalian juga pernah ngerasa  kan "wah kok gua peleh banget di match kali ini" like no matter what you do, you die. itu gapapa, santai. begitu pula kalo tim lu ada yang kaya gitu, instead of saying kntl and ngntd to them, why not say "it's okay, let's fight together" "do you need help?" "it's okay, do better next time" it would help on your teamwork, like, a lot. dan kalo kalian yang lagi kaya gitu, pls say sorry. jangan malah jadi galakan elu. bener gak nih menurut kalian kebanyakan player ml kalo mati pasti nyari nyari orang buat disalahin. kalian termasuk? tolong jangan dibiasakan. ini lah salah satu yang memancing teman kalian buat berkata bijak wkwkwk

ada lagi yang aneh. like 100% people on ml said they are not bocah while the others are. gua pernah ya lagi draft pick. gua legend. hehehehehehehehehe. ok lanjut wkwkwk ya jadi ada orang yang pick kelima bilang "saya mau pake mm" tapi yang pertama malah pick mm. terus dia bilang. "najis bocah, egois" i was like wtf??? dia pick pertama, menurut gua dia berhak untuk pick apa aja, ok emang sih first pick seharusnya ngepick hero yang penting dulu gitu kan supaya gak di pick musuh. tapi ya gimana ya wkwk bingung juga. menurut gua justru si last pick itu yang bocah, ya gak sih? yaudahlah ya initinya sih gua punya tips buat kalian yang ingin naikin winrate.

1. be kind

ini paling penting guys sumpah, coba kalo team kalian ada yang bilang "lancelot lain kali jangan maju duluan ya" apa yang kalian lakukan? pasti kalian akan lebih enak buat bilang "ok, sorry" and u'll do better next time. tapi kalo ada yang bilang "lancelot tolol ngapain maju duluan noob" kalian akan respon gimana? pastinya kalian akan balik nyalahin dia entah apapun pasti kalian nyari nyari kesalahan dia. nah dari dua kejadian yang gua sebutin kira kira yang mana yang memungkinkan buat kalian menang? you know the answer.

2. sabar

ini juga gak kalah penting. kadang seberapa baik pun kita tetep ada aja yang tetep berkoar koar. nah inilah yang menguji kedewasaan kalian. tunjukan kalo kalian bukan bocah di ml wkwkwkwk gak penting banget ya. tapi beneran, jadi cukup hadapi dengan diam atau say sorry aja sih menurut gua kalo kaya gini. nanti mereka juga capek bacot sendiri hahaha tapi akan lebih baik kalo say sorry sih, biasanya mereka akan lebih kalem kalo kalian minta maaf, cuma emang beray ya minta maaf ke orang yang nyolot hahaha tapi mau menang gak? lakukan kalo mau hahaha

3. gunakan fitur mute

di mobile legends ini cukup canggih ya, ada fitur untuk membisukan player lain atau mute. ya jadi mereka mau chat apapun kalian gak akan bisa baca. jadi buat kalian yang gak sabaran dan emosian gua saranin pake fitur ini sih. kadang kita udah sabar juga tetep ada loh yang tetep nyolot wkwkwk jadi yang kaya gini gini lebih baik di mute and report aja guys. dengan begitu kalian bisa main lebih tenang dan bisa membalikan keadaan kalo lagi terpojok sama musuh.

4. amati cara main semua hero

emang penting buat nguasain hero yang kalian punya dan sering pake, tapi melajarin gerak gerik hero musuh gak kalah penting. jadi kalian tau harus gimana kalo musuh kalian ngecounter kalian. contoh ya kalian jago banget nih pake hayabusa. tapi kalian gatau kalo lancelot pake skill dua bisa ngestop ultinya hayabusa. jadinya setiap kalian ulti gak pernah kena deh. coba kalo kalian tau, pasti kalian pancing pancing dulu supaya lancelot pake skill dua, baru kalian ulti. gitu guys

5. jangan cuma terpaku sama satu role aja

ok mungkin kalian terbatas sama heronya juga sih karena kalian harus beli, gak kaya dota yang emang langsung bisa pake semua hero. tapi usahain lah punya variasi role hero. coba nih ya misalnya kalian pro banget nih pake mm. tapi hero kalian mm doang bisanya. terus pas main ketemu orangnya sama kaya kalian semua bisanya mm doang. jadilah tuh mm 5 habis langsung sama karina wkwk tapi kebanyakan pemain ml yang gua liat sih masih belom flexible sama role ya.

6. sadari, kalo playstyle dan build itu gak terbatas

banyak dari kalian yang pemain ml pastinya sering kritik ke pemain lain. misal "karina ngapain kok spellnya execute?" "woi balmond spellnya ganti stun" "mm kok gak beli scarlet phantom?" "lah tank ngapain beli berseker's fury" kalian harus tau moba gak sekaku itu. build itu tergantung playstyle masing masing, gak bisa dipaksa sama. contoh alucard, ada yang main pure damage, ada yang main attack speed ada yang main critical, ada yang main lifesteal, ada yang bikin durable, ada juga yang hybrid. tergantung playstyle gitu. kalo orang udah terbiasa main pure damage, jangan lu paksa suruh pake inspire. jangan batu. people have their own build so let them be.

7. saat kesulitan, amatin cara main musuh

ya jadi langsung ke contoh ya. contoh nih kalian prooooo banget nih pake hayabusa. terus kalian pikir hayabusa ini hero terbaik, gak ada matinya, gitu dah pokoknya. terus suatu saat kalian lagi main terus ngerasa kesulitan. coba perhatiin gerak musuh kalian yang bikin kalian sulit tuh apa. jadi kalo suatu saat kalian gak keburu pick hayabusa karena dipick musuh duluan, kalian tau gimana cara ngalahinnya atau cuma sekedar bikin dia kesulitan aja

8. lupakan mvp

ini yang sering bikin kalah, kalian mikirin "ah yaudahlah gapapa kalah yang penting mvp" "gapapa kalah yang penting savage" kadang kalian udah dalam posisi sulit bukannya berusaha comeback malah berusaha supaya gak mati doang. "bodo dah kalah yang penting rating gua gak bronze" wah ini pemikiran yang dangkal banget sih buat player. we play for victory. jadi kalo ada temen kalian mau mati jangan ragu buat nolong, kalo bisa ditolong. jangan gak nolong cuma gara gara "ah nanti bisa aja gua mati, gagal mvp" hey we dont need superman, we need superteam!

9. turret over kill

ya seperti yang udah gua bilang, we play for victory. how to achieve it? you need to destroy enemy's base. nah ini yang sering bikin kalah. musuh udah nanggung nih 1 hit, padahal bisa dapet tower, tapi most players in mobile legends would choose to chase that enemy hero. pls dengan ngehancurin satu tower itu kalian membuka 1 pintu menuju kemenangan kalian, jangan disiasiain cuma demi 1 kill yang bisa nanti nanti. bahkan bisa jadi kalian mati saat ngejar musuh yang hampir mati itu. percayalah tim yang killnya lebih sedikit juga bisa menang kalo fokus ngancurin base. buat kalian yang mau coba menang tanpa banyak kill gua rekomendasi pake zhask, zilong, hayabusa, bane, lancelot dll. dengan build dan playstyle yang push-based gua yakin hero hero ini kuat untuk nembus tower dengan cepat. eh tapi gatau juga ya buat bane, karena baru di rework dan gau belom coba.

10. always try to counterpick

gua yakin banyak dari kalian yang udah paham ini dan pastinya udah melaksanakannya. tapi banyak juga loh yang masih greedy kaya "pokoknya gua harus pake hayabusa! hayabusa gg!" padahal tau kalo musuh ada nana sama saber. yang pastinya sekali combo hayabusa langsung mokad.

11. eksperimen build

ya jadi jangan cuma nyoba nyoba build buatan orang ya, coba buat sendiri dan rasain build kalian ini kurangnya dimana, kadang kalian pake build top player belom tentu cocok sama playstyle kalian loh. dan juga sesuaikan item kalian sama situasi, jangan kaku ngikutin scheme aja. kadang ada situasi yang mengharuskan kita ngubah build ditengah permainan. misal kalian pick zilong. build kalian lifesteal sama attackspeed nih, pokoknya cocok banget lah buat gank sama war. tapi ternyata musuhnya kok keras juga susah dikill, lama lama kalian juga malah yang mati. ini lah saatnya kalian ngubah build. bisa coba ubah build kalian jadi pusher atau bisa jadiin semi-tank aja biar mm dan mage kalian yang jadi damage dealer. inget yang gua bilang ya, moba gak sekaku itu.

12. jangan terlalu memaksakan

kadang setelah terus nyoba main walaupun udah sabar, usaha dll tetep aja kalah. maybe it's just not your day. it won't hurt a fly to take a little break. kalo lagi lose streak nih ya makin kalian main, makin kalian stress makin juga kalian kalah. jadi ya kalemin diri dulu lah. mungkin kalian udah coba buat sabar tapi kalo kalah mulu kan kesabaran manusia juga ada batasnya. akhirnya kalian emosi, main amburadul, kalah mulu stress, pindah sekolah, pinda kewarganegaraan, pindah planet (maaf galucu). jadi ya coba relax dulu aja, refreshing gak melulu soal game. kalian bisa hang out dulu sama temen atau sekedar jalan jalan sore ke taman deket rumah atau mungkin sekedar jajan di indomaret aja cukup buat bikin kalian enjoy ya lakukan lah. jadi intinya sih don't push yourself too much ya.

ya segitu dulu ya tulisan gua. jadilah gamer yang baik, jangan mencemari orang orang didalam game dengan pengaruh buruk dan jangan pula tercemari oleh pengaruh buruk dari dalam game. buktikan kalo game itu gak melulu negatif. buktikan kalo game itu melatih ketangkasan kalian, bukan malah bikin kalian tambah bodoh seperti pemikiran zaman old. okay

wassalamualaikum bro!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman magang arsitektur (Lanjutan pengalaman interview magang)

BHAK

Keluh kesah mahasiswa arsitektur