Curhatan mahasiswa arsitektur semester 5 yang semakin merasuk kedalam sukma

assalamualaikum.

hmm
ehmm
hmm

jadi gini. kebetulan sekarang gua baru menyelesaikan uas di semester 5. gila ya gua ngepost bener bener cuma satu semester sekali wkwkwk ok jadi yang gua rasain selama kuliah di arsitektur ya kayanya semakin naik semester semakin capek dan pusing ya:( padahal secara logika, semester awal gua harus gambar manual dan makin kesini harusnya makin enak karena udah bisa pake komputer kan. iya sih emang kerjaan makin cepet selesai, tapi kayanya semua kerjaannya semakin menyayat hati dan otak wkwkwk

jadi ya semester ini gua dapet tugas buat ngerancang sebuah gedung setinggi 8 lantai. pake basement 1. jadi 2 lantai pertama itu mall dan lantai 3 sampe seterusnya itu kantor sewa. nah tugas semester ini tuh mulai ribet utilitas bangunannya. karena kita harus mikirin gimana caranya tuh pipa air bisa terus dari basement kelantai 8 sampe ke basement lagi. puyeng bos. itu baru air. belom listriknya. belom pendingin ruangannya. emang arsitek mah semuanya dipikirin:( iseng amet yak

nah setelah utilitasnya udah bener bener mateng nih, belom lagi lu mikirin strukturnya. nah ada lagi basement itu parkirannya. struktur lu harus pas tuh jangan sampe ganggu parkiran dan utilitas. sebenernya struktur dulu sih gua diajarinnya baru utilitas. gatau mungkin univ lain beda. jadi struktur>hubungan ruang>utilitas>estetika. padahal kalo dari yang orang orang tau arsitektur itu estetika dulu kan? jadi begini. kalo kalian udah megang prinsipnya dari struktur, hubungan ruang dan utilitas, maksudnya ya udah paham gitu standarnya gimana. jadi kalo kalian udah paham ya kalian bisa berekspresi di estetika sesuka kalian, asal ngerti prinsip dasarnya dari 3 elemen tadi.

terus ya kan di studio perancangan ini ada yang namanya asistensi. jadi rancangan gua yang menurut gua udah terbaik nih gua tunjukin ke dosen pengampu. terus dia kasih masukan. padahal menurut gua udah terbaik, tapi banyak banget yang diubah ya wkwkwk setelah dicorat coret tuh kerjaan gua baru sadar "oh iya ya". begitulah tiap asistensi, ada aja yang lupa atau bahkan belom tau. jadi selama satu semester ya kerjaan gua benerin rancangan terus supaya semakin mendekati ideal.

yak setelah struktur dan utilitas udah bener nih dosen biasanya minta kita mulai "ngebagusin". entah denahnya dimiring miringin, dinding bulet dll. dan biasanya setelah ini mulai ada perbaikan lagi diutilitas dan struktur:( kampret kan ya bolak balik aja:( disini nih jiwa gua mulai tersodok sodok:(

nah kemudian setelah semua jadi mulai masuk ke tahap yang bikin gregetan. membuat model 3d hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha:( seru sih kita kaya bikin rumah di the sims gitu cuma ya lebih flexible aja. cuma ada sebuah teknik yang gua gak begitu ngerti gimana caranya mungkin dari pencahayaan dan lainnya tapi bikin model yang kalian buat jadi keliatan lebih nyata. namanya rendering. nah rendering ini menurut gua sih agak sulit ya. apa lagi buat interior karena kita perlu masukin cahaya buatan (lampu). 

rendering emang bisa bikin gambar keliatan lebih nyata, tapi bukan berarti pasti jadi lebih nyata. perlu banyak latian sama eksperimen sih supaya dapet feelnya. ini salah satu hasil renderan gua disaat gua belom terlalu ngerti alias baru donlod wkwkwk

sebenernya banyak lagi yang lebih jelek dan lebih awal wkwk kaya literally baru donlod terus langsung nyoba gitu. tapi gausah lah ya ditunjukin. liat gambar diatas masih kaya kartun kartun 3 dimensi yang suka tayang di indosiar kan? nah sekarang gua mau tunjukin hasil renderan gua setelah liat liat youtube dikit.

lumayan kan agak nyata dikit, disini materialnya agak gua setting dikit sepaham gua wkwk kalo yang udah lebih paham lagi mah malah sampe kaya foto wkwk nah ada sebuah masalah nih guys buat rendering. masalahnya ya komputer lu musti kuat wkwk berat banget soalnya. kacau gua yang cuma kaya gini aja udah sampe gregetan banget dah. maklum maksain laptop standar wkwk ini salah satu yang membuat semester 5 berat. apalagi ditambah temen temen yang minta renderin apalagi sampe minta bantuin bikin modelnya. gua sih gak sanggup ya, temen gua yang minta bantuin gua tolak tolakin semua wkwk kuliah kerad.

yak segitu dulu curhatan gua buat semester 5. sekarang gua sedang berusaha membuat cv dan portfolio yang baik untuk mencari tempat magang:( doakan aku ya! (benteng takeshi) 
wassalamualaikum
muah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman magang arsitektur (Lanjutan pengalaman interview magang)

BHAK

Keluh kesah mahasiswa arsitektur