memulai kerja freelance (berdasarkan pengalamanku [awww])

hai teman2

udah lama bgt gak nulis. ya, karena belakangan lagi sibuk juga. seperti yg uda pernah gw ceritain di blog ini juga, gw beberapa bulan ini udah mulai kerja full-time jadi designer dan bikin2 gambar 3D gitu deh. nah jadi pagi sampe sorenya gw full-time ngantor, malemnya alhamdulillah ada beberapa lah proyekan freelance. nah ini yang mau gw ceritain.

pada masa pandemi begini, gak sedikit org2 yang kehilangan pekerjaan kan. yang baru lulus juga banyak yang pada susah nyari kerja. tapi gimana dong? kita kan tetep butuh uang untuk melanjutkan hidup. nah salah satu solusi untuk mereka yang gak dapet2 kerja adalah memulai kerja freelance. awal mula gw memulai kerja freelance ini karena gw butuh uang dong pastinya. jaman2 kuliah ntah kenapa uang jajan gw yg awalnya rutin 1jt tiap bula tiba2 jadi 500, itupun kalo gw minta. males jg kan harus nagih2 mulu ke orgtua "minta jajan dong". belom terlalu ahli bikin gambar2, akhirnya gw memutuskan untuk daftar jadi driver gojek. itu taun 2017.

ngojek itu capek bgt ya. walaupun duitnya lumayan sih dulu. yg bikin capek tuh ya udah kalo panas kepanasan, ujan keujanan. antri2 gofood. nyari alamat. belom kalo dapet customer yang rese. ya walaupun gak jarang juga yg suka ngasih tip banyak. intinya suka dukanya ada lah. sampe lama2 gw mulai sibuk sama kuliah dan ya udah makin sering pulang sore/malem karena survey untuk penelitian lah, bimibingan lah dll.

singkat cerita akhirnya aku lulus kuliah. sejak 2017 dan seterusnya pun aku mulai belajar bikin 3D modelling dengan sketchup dan rendering dengan vray. mulai bikin2 project fiksi. akhirnya aku upload semua di fastwork.id. fastwork ini tempat kalian bisa cari uang sebagai freelancer di berbagai macam bidang atau buat kalian yang butuh bantuan freelancer juga bisa cari di sini. belom lama setelah itu ada yang chat minta buatin design untuk coffee shop gitu. seneng bgt waktu itu walopun aku masih taro harga murah juga. selain karena belom ada pengalaman, hasil renderingnya jg masih jelek bgt gitu lah.

sejak itu juga mulai dapet lah beberapa project kecil sampe menengah yang alhamdulillah bisa masuk portfolio jg sampe akhirnya bisa dapet kerja yang tetap. ya tapi jadi freelancer itu ada enak gak enaknya juga ya. pertama enaknya dulu deh. enaknya ya kerja bisa fleksibel, kita yang atur sendiri yang penting selesai sesuai deadline yang sudah disepakati sama kamu dan client pastinya. kedua, harga juga kita sendiri yang tentuin. Pastinya juga taro harga sesuai pasar dan keahlian kamu ya, kalo terlalu jauh dari harga pasar org juga mikir2 lagi, mending kalo hasilnya bagus banget luar biasa gitu. intinya disesuaikan kemampuan aja.

nah gak enaknya nih. pemasukannya gak tetap. nah kalo kaya gini kita gatau tiap bulan kadang bisa masuk 3, bisa 5, bisa juga gaada kerjaan sama sekali. jadi harus diatur bener2 keuangannya ya. kedua, ya, client gak semuanya menyenangkan. ya begitu emang namanya cari uang. kalo lg ketemu org yang enak ya alhamdulillah, tapi kalo ketemu yang nyebelin ya harus tahan2 kitanya tetep baik2in orgnya. seperti kata pepatah, pembeli adalah raja. bukan budaya yang baik sih karena harusnya kan kita di sini saling bantu dan saling butuh. jadi harusnya ya sama2 baik aja ya ke satu sama lain.

tapi syukur selama di fastwork belom pernah sih ketemu sama yang nyebelin. yg suka aneh2 malah yang ketemunya dari luar fastwork. mungkin karena di fastwork udah ada sistemnya yang atur ya.

nah skrg ini gw baru aja selesai ngerjain suatu kerjaan. cuma visualisasi doang sih, bukan design dari awal. ini gw akan ceritain salah satu pengalaman pahitnya lah sebagai freelancer. gw gamau cerita terlalu detail juga ya. intinya gw dikenalin lah sama org, ada yang butuh jasa rendering gitu. yaudah orgnya minta ketemu. diomongin deh tuh kerjaan. dia kirim beberapa file untuk kerjaan ini dan ngomongin maunya gimana. setelah itu mulai ngomongin harga kan. gw kasih lah sebut sejumlah harga. dia tawar sampe hampir setengahnya. ya salah satu beratnya jadi "tukang gambar" ya gitu. kadang gak dihargain.

singkat cerita ya gw terima ini kerjaan. terus dia bilang lagi nih "gw harus dp gak nih?". belom keburu gw jawab dia langsung bilang "gak usah lah ya? tenang aja gw pasti bayar kok.". salahnya gw ya di situ gw iya2 aja. lanjut, gw kerjain. dia kurang sreg. gw revisi. sebelumnya gw udah bilang ke client ini kalo revisi cuma bisa satu kali. tapi kata dia yaudah masalah revisi kita bahas belakangan aja. 

btw ini sampe ke revisi tuh sekitar 3 minggu ya. agak lama gitu karena selain orgnya yang slow respon, dianya juga bingung sendiri gitu deh sama maunya dia kaya apa. karena udah terlalu lama ini uang gak masuk2 akhirnya gw bilang kalo hasil revisinya mau dikirim, transfer dulu. tapi agak lama gitu deh sekitar semingguan baru ditransfer. akhirnya gw kirim filenya. setelah itu dia kaya mau minta revisi lg untuk suatu gambar. kata dia gak sesua. padahal gambar yang gw bikin udah sesuai sama pembahasan di meeting awal. ternyata file yang awal dia kirim itu salah.

gw gak terima ini sebagai revisi. kenapa? 

1. pekerjaan udah selesai. gw udah bikin revisi satu kali. dia udah transfer lunas. hasil final udah gw kirim.

2. kesalahan ada di dia yang salah kirim file.

jadi gw bilang kalo mau gw buatin lagi ya bayar lagi, karena ini jatohnya udah bukan revisi. pada akhirnya dia merasa gak terima kayanya ya, sampe puncaknya dia kasarnya bilang gw mata duitan karena minta bayaran lagi. setelah dia bilang kaya gitu tapi dia masih minta digambarin lagi sama gw. udah gitu minta kabarin kalo gambarnya udah jadi, nanti dia transfer katanya. di sini gw udah gamau kerjain dan bilang ke dia untuk cari tukang gambar yang lain aja. kenapa?

1. ini itungannya udah pekerjaan baru, jadi harusnya ada deal2an harga lagi baru gw bisa kerjain

2. gw udah kapok kerja tapi gak ditransfer dulu. atau minimal dp kan. uangnya masuknya lama. gw udah kerja capek sampe revisi tapi belom ada uang yang masuk ke rekening, itu gak masuk akal.

3. gw udah gak mau punya urusan lagi sama org kaya gini.

nah jadi untuk menghindari yang kaya begini2 tuh harus gimana?

1. pastiin client dp dulu ya. mau berapa persen itu terserah kalian yang penting client itu bayar pertama sebelum kita mulai kerja, kedua sebelum kita mulai revisi, ketiga sebelum kita kirim hasil akhirnya.

2. obrolin pekerjaan dengan matang supaya gak ada kesalahan2 yang aneh2, doublecheck semua permintaan client sebelum mulai kerja. kalo bisa minta ke client untuk selalu fast respon ya supaya kerjaan gak macet. karena gak jarang juga posisinya kita harus megang lebih dari satu kerjaan dalam satu kurun waktu yang sama.

3. bonus tips dari gw. kalo misal kalian lagi megang beberapa kerjaan lain dan gamau jadi terlalu sibuk atau kalau emang kedapatan calon client yang gelagatnya dari awal keliatan kayanya bakal nyebelin nih, mendingan kalian kasih harga lebih tinggi dari harga standard kalian. jadi ibaratnya ya kalo dapet uangnya lumayan walaupun kalian harus ekstra capek, kalo clientnya gak mau dengan harga segitu juga yaudah syukur juga.

begitu aja sih tulisan gw kali ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman magang arsitektur (Lanjutan pengalaman interview magang)

BHAK

Keluh kesah mahasiswa arsitektur