Tentang IZ*ONE

asslamualaikum semua

sudah lama ya ku tidak menulis dimari. btw selama 12 minggu ke belakang gua lagi seru banget ngikutin sebuah show survival idol korea-jepang yang judulnya produce48. gua jelasin dikit aja jadi acara ini awalnya mengumpulkan 96 trainee yang sudah dilatih dalam kurun waktu tertentu untuk jadi penyanyi idola yang bisa nyanyi dan ngedance. jadi setiap trainee ini masa waktu latihannya beda beda, ada yang udah bertaun taun ada juga yang baru beberapa bulan aja. nah traineenya ini berasal dari perusahaan perusahaan hiburan korea dan dari 48 family yang megang akb48 dan grup grup 48 lainnya. setelah terkumpyl 96 trainee mereka sedikit demi sedikit akan tereliminasi sampai sisana 12 orang trainee yang kemudian bakal debut dalam grup yang namanya IZ*ONE. ok sampe disini gua rasa udah cukup jelas.

kemudian sekarang udah terbentuk nih grupnya yang isinya 12 orang terpilih. nah disini gua pengen menulis pendapat gua tentang masing masing member. ini 100% pendapat gua pribadi sih jadi ya mungkin aja kalian gak sependapat it's okei. oiya sebelumnya gua mau bilang kalo gua akan memberi penilaian terhadap semua member dengan pertimbangan skill, visual dan lainnya. jadi yang menjadi penilaian gua adalah vocal/rap, dance, visual dan other. apa itu other? other adalah penilaian gua terhadap seorang member diluar teknik, bakat dan visualnya. bisa jadi personality atau apapun itu ya. ini adalah cara gua menilai ya, kalian bisa aja gak setuju dengan cara gua gak masalah. jadi langsung aja kita mulai dari member paling tua sampai yang paling muda.

1. KWON EUNBI

sumber: https://pbs.twimg.com/media/Djrk-GfU4AMYmEk.jpg

ini member tertua di IZ*ONE. lahirnya tahun 1995. cakep bangettt. banyak yang bilang mirip irene. kalo menurut gua dia ini kombinasi antara Irene Red Velvet + Joy Red Velvet + Hyojung Oh My Girl. sebuah kombinasi yang sangat baik. selama acara produce 48 berlangsung dia ini terkenal sebagai leader yang baik. kalo dari pandangan gua sih dia ini allrounder. kemampuan vocal dan dancenya diatas rata rata sih kalo menurut saya hehe. apalagi kalo nonton dia lagi ngedance itu keliatan banget karismanya terpancar. anjay. walaupun allrounder tapi emang dia lebih condong ke dance sih. kalo visual gausah ditanya lah. kalo disuruh kasih nilai visualnya dia bisa gua kasih 86/100. kalo dari personalitynya sih dia cukup asik kayanya orangnya. dari yang gua tonton di produce sih begitu, semoga aja dia orangnya asik juga ya off camera. dia juga suka ceng cengan asik gitu sama lee sian. sayangnya lee sian gagal buat masuk ke babak final. intinya kalo disuruh tunjuk kekurangan kwon eunbi ini gua gak bisa. kalo disuruh menilai sih kira kira begini:

Vocal: 80
Dance: 90
Visual: 86
Other: 90

overall kwon eunbi bisa gua kasih nilai A

2. MIYAWAKI SAKURA

sumber: https://saka46.at/wp-content/uploads/2018/05/sakura-last-election.jpg

member berikutnya adalah miyawaki sakura. dia adalah member dari hkt48. cantikkkkkk banget udah gausah diragukan lagi. sakura ini salah satu yang visualnya terkuat di pd48. mau laki atau perempuan bisa dengan mudah dibuat meleleh deh sama sakura ini. dia adalah center dari lagu tema produce 48 yaitu pick me. dia cuma berdiri dipanggung aja penonton bisa dibuat kagum. keberadaannya emang menarik perhatian banget sih. dia punya visual dan aura yang bikin saya atau mungkin kalian juga jadi mau ngeliatin terus gitu deh. vibe nya bagus banget sih ini orang. dari awal tayang produce 48 semua viewer udah yakin kalo dia pasti bakal masuk sebagai member terpilih IZ*ONE. sakura ini kelahiran tahun 1998. kemampuan vocal dan rap nya bisa dibilang kurang. bahkan sangat kurang. kemampuan dancenya pun menurut gua gak bagus bagus amat, tapi cukup lah. tapi semua itu bisa tertutup dengan visual dan ekspresi dia diatas panggung sih. dia bisa memancarkan aura yang bikin orang betah nontonin performance dia walaupun dengan teknik yang seadanya. kalo disuruh nilai:

Vocal/Rap: 53
Dance: 68
Visual: 95
Other: 95

Overall gua kasih nilai B+

3. KANG HYEWON

sumber: https://pbs.twimg.com/profile_images/1035558017566035968/gzF8_huz.jpg

nah ini nih yang namanya kang hyewon. lahir di tahun 1999. masuknya kang hyewon ke dalam daftar 12 trainee yang debut cukup mengundang pro kontra dikalangan viewer. banyakan yang kontra malah. mereka gak setuju kalo hyewon ini bisa debut. padahal hyewon ini jagoan gua dari awal episode:( wkwkwk. tapi gua akan tetap menilai hyewon sama kaya gua menilai member lainnya kok tenang aja. pertama kalo bahas visual hyewon ini udah gak usah diragukan lagi lah. kalo menurut gua pribadi sih hyewon ini tercantik se pd48. tapi ya memang kalo masalah cantik setiap orang punya pendapat masing masing sih. dan selama acara gua ngeliat kelakuan si hyewon ini gemas banget sih wkwkwk dia berduaan mulu sama trainee yang namanya sato minami. ya sayangnya minami tereliminasi duluan. gemes banget sama mereka berdua kaya mother n daughter emesh emesh. hyewon ini sayang banget sama minami sih kayanya. awalnya hyewon ini peringkatnya rendah. jadi dia udah persiapan buat tereliminasi gitu kan, eh ternyata peringkatnya naik. padahal kalo tereliminasi tadinya dia mau liburan ke rumahnya minami wkwkwk. gemes banget kan. nah tapi kalo bahas performance nih bisa dibilang hyewon ini yang terburuk sih diantara semua member IZ*ONE. wajar sih, masa latihannya emang baru sebentar. vocal rap dancenya sangat dibawah rata rata sih. dan gua rasa semua orang kalo liat performance hyewon akan setuju sama gua. tapi ya sekali lagi, semua dapat teratasi dengan visual yang super. tapi ya memang kalo buat kasusnya hyewon ini visualnya juga masih gak terlalu nutupin kekurangan dia. makanya kadang kalo liat dia perform juga suka kecewa, tapi karena emang gua loyal supporter jadi gua selalu mencari sisi positifnya. gua liat dia punya itikad baik sih untuk latihan. walaupun hasilnya pun sangat minim. kadang gua jadi kasian juga wkwkwk. sorry ya kalo hyewon ini paling panjang. namanya juga bias wkwkwk. nah sekarang masuk ke penilaian ya. kurang lebih begini sih penilaian gua:

Vocal/Rap: 45 (gak tega:( tapi kenyataannya emang begini)
Dance: 53 (dia udah sedikit berkembang di episode terakhir walaupun masih dibawah rata rata)
Visual: 100 (menurut gua sih visual dia udah perfection banget)
Other: 80 (ini gua liat dari itikad baik dia dalam latihan dan emesh emeshnya kelakuan dia)

overall menurut gua dia masih dapet B- sih

4. CHOI YENA

sumber: https://pbs.twimg.com/media/DdIWsp3V0AAek0N.jpg

nah berikutnya ada choi yena. yena ini adalah salah satu member yang di eluh eluhkan oleh masyarakat. bisa dibilang lumayan cantik. imut banget. dan kelakuannya yang random dan lucu bisa bikin trainee lainnya ketawa lepas selama acara produce 48 berjalan. first impressionnya kuat banget, dia trainee yang pertama kali muncul di episode 1 dan ngomonggggg mulu wkwkwk. gemes banget sih sama yena ini. kalo ngeliatin dia ini vibenya refreshing banget sih. selalu seneng liat dia. btw dia kelahiran 1999. sekarang kita bahas kemampuan dan bakatnya dia ya. masalah dance yena ini udah gak perlu diragukan lagi. walaupun kurang tersorot sih selama produce 48. kemampuan vocalnya juga cukup baik. terbukti sih dia jadi main vocalist saat nampilin lagu very very very dari IOI. gak banyak yang bisa gua bahas dari yena ini. walaupun dia banyak dapet sorotan tapi gua ngeliatnya ya begitu aja oke dia berbakat, oke dia lucu. ya tapi emang gua akuin yena ini orangnya entertaining banget sih buat ditonton. makanya dia bisa dapet banyak screentime di produce 48 ini. ok langsung masuk ke penilaian aja ya:

Vocal: 75
Dance: 82
Visual: 77
Other: 93

overall yena ini bisa gua kasih A-

5. LEE CHAEYEON

sumber: https://pm1.narvii.com/6919/7b2e7ec1fc40e25d820643125f54aea00d3478e2r1-682-1024v2_hq.jpg

kalo bahas chaeyeon ini sih semua viewer pasti tau kalo dia ini adalah main dancernya produce 48. skill dance nya yang gila banget berhasil nangkep perhatian para trainer dan trainee. chaeyeon ini bisa dibilang all-rounder juga ya. karena selain kemampuan dancenya yang super, kemampuan vocalnya juga gak bisa diremehkan. dia udah buktiin kemampuan vocalnya saat dia berhasil ngehit highnote di lagi 1000% dimana dia jadi main vocalistnya. kalo ngeliat chaeyeon ini suka kasian juga. dia udah berusaha keras dari jaman SIXTEEN (acara survival yang membentuk twice). terus kemarin di produce dia sempet dapet peringkat rendah beberapa minggu walaupun akhirnya bisa lolos juga sebagai member IZ*ONE. pokoknya kalo masalah bakat dan kegigihan chaeyeon ini udah gak perlu diragukan lagi lah ya. sekarang kita bahas visual. menurut gua pribadi sih gua gabisa bilang chaeyeon ini cantik. mohon maap ya buat fansnya chaeyeon tapi ini pendapat q. tapi ya gua gak bilang dia jelek juga. karena kalo dibilang imut ya chayeon ini cukup imut sih. gemes juga kalo senyum matanya ikut senyum. nah sekarang kita masuk ke penilaian ya:

Vocal: 78
Dance: 97
Visual: 63
Other: 90

Overall chayeon ini gua kasih A- ya

6. KIM CHAEWON

sumber: https://i.pinimg.com/originals/a7/7a/36/a77a369169334368c87c48ef5e5da533.jpg

yak masuk ke wollim girl yang kedua di IZ*ONE. chaewon ini adalah kelahiran tahun 2000. kalo mau menilai mulai dari vocal bisa dibilang chaewon ini vocalnya cukup stabil walaupun gua belum denger dia ngehit nada tinggi yang sulit. karena penyayi gak selalu harus bisa nyanyi nada tinggi. selain stabil, suara dia juga enak didengar (diluar teknik bernyanyi dia). kemampuan dancenya juga baik, gerakan dia clean, lancar lancar aja kayanya chaewon ini selama produce 48 gak pernah menghambat atau membebani tim. apalagi waktu evaluasi konsep. dia jadi center di lagi "to reach you". dia berhasil ngebuktiin kalau dia adalah center material. dia melakukan tugasnya sebagai center dengan baik. dia cukup bersinar juga sebagai center sih menurut gua. pokoknya performance dia gak ngebosenin, gak awkward dan asik aja gitu diliatnya. nah sekarang bahas visual. chaewon ini termasuk dalam 12 trainee tercantik di produce 48. menurut para trainee. tapi mohon maaf nih, menurut gua sih chaewon ini gak cantik cantik amat. dan chaewon ini menurut gua kurang berkesan sih selama di produce. menurut gua loh ya. jadi ya karena perjalanan dia selama di produce ini selalu lancar lancar aja jadinya cerita dia kurang menarik aja gitu. ya intinya kurang membekas lah di pikiran gua si chaewon ini. ok lanjut ke penilaian, begini nih penilaian gua buat chaewon:

Vocal: 70
Dance: 70
Visual: 65
Other: 65

Overall chaewon gua kasih nilai B-

7. YABUKI NAKO

sumber: https://static.asiachan.com/Yabuki.Nako.full.174031.jpg

berikutnya adalah yabuki nako yang gemesin banget. lahir di tahun 2001. bisa dibilang nako ini adalah yang paling gemesin di IZ*ONE menurut gua. tingginya cuma 149 cm. lucu bener kan. nah nako ini adalah member jepang kedua. asalnya dari HKT48. nako ini pertama kali menarik perhatian publik saat dia jadi main vocalist di lagu love whisper. dia bisa ngehit highnote dengan muka santai seakan akan itu mudah banget buat dinyanyiin. padahal kagak. suara dia juga clear banget. tapi dia bukan power vocalist ya. suaranya lembut banget. adem. dancenya cukup baik, gerakannya clean. kalo bahas visual nako ini cantik+gemesin banget sih. ekspresi dia juga bocah banget lucu gitu wkwkwk. terus kelakuan dia juga polos banget gitu bikin gemes deh pokoknya. performance dia juga selalu berkesan karena dia selalu mengambil peran penting di setiap performance. gua gabisa nyebutin kekurangannya nako tapi kalo diliat liat kelebihannya nako ini juga gak terlalu lebih lebih amet juga. tapi ya dia cukup berbakat dan meninggalkan bekas di hati para viewer. makanya penilaian gua begini:

Vocal: 80
Dance: 72
Visual: 88
Other: 88

overall A- ya guys

8. KIM MINJOO

sumber: https://thumbs.gfycat.com/TallSkinnyGibbon-mobile.jpg

nah ini yang selalu dibilang cantik cantik terus sama para viewer. kalo menurut para trainee ya minjoo ini yang tercantik di IZ*ONE. kalo menurut gua sih setelah hyewon ya minjoo ini yang paling cantik. emang bener cantiknya tuh yang bener bener semua orang kalo ditanya pasti bilang dia cantik. minjoo ini adalah termasuk kelahiran tahun 2001. minjoo ini kalo dimasukin ke grup manapun udah pasti jadi visual deh gua jamin. pokoknya kecantikannya udah gak usah dipertanyakan lagi. sekarang kita bahas talent dan skill. kalo dari skill sih gua rasa minjoo ini cukup. vocalnya emang gak bagus bagus amat tapi karena didalam grup ini udah ada vocalist lain ya jadi gua rasa dengan kemampuan minjoo yang sekarang ya udah cukup. walaupun gua yakin si minjoo ini pasti bakal berkembang lagi. dan seperti yang gua bilang, visualnya nolong banget buat nutupin kemampuan vocal dan dancenya yang gak sampai diatas rata rata. dari personality sih gua yakin banget minjoo ini anak yang baik. dia cukup gigih buat latihan dan gak mau membebani rekan satu timnya. ya walaupun kemampuan dance dia gak bisa dibilang bagus, tapi ya gua bilang cukup. dan minjoo ini center material banget sih. keberadaan dia aja bisa ngebuat semua orang mau ngeliatin terus. gak bosen bosen deh ngeliatin minjoo ini perform. coba deh kalian nonton performance nya 1000%. disitu minjoo tuh bener bener maksimal banget sebagai center. gua rasa dia adalah center terbaik di evaluasi konsep. pokoknya ya minjoo ini emang dilahirkan untuk jadi idol deh. kalo penilaian gua buat minjoo sih begini:

Vocal: 63
Dance: 68
Visual: 100
Other: 89

Minjoo ini gua kasih A- ya guys

9. HONDA HITOMI

sumber: https://0.soompi.io/wp-content/uploads/2018/06/26030803/94.-Honda-Hitomi.jpg

honda hitomi ini udah pasti gemesin banget. member ketiga dari jepang. asalnya dari AKB48. dia lahir di tahun 2001. pipinya itu loh. gak ada yang bisa nandingin deh pipinya hitomi. nah di produce 48 si hitomi ini gak bisa diremehin kemampuan dancenya. dari awal awal episode trainer bae yoonjung udah bisa ngeliat kemampuan dance hitomi. nah tapi kalo disuruh menilai vocalnya nih, menurut gua hitomi ini sedikit kurang baik. tapi ya gapapa sih karena seperti gua bilang tadi bahwa didalam grup ini udah ada vocalist lain yang bisa ngisi bagian bagian yang sulit dinyanyiin. apalagi kemampuan dance hitomi yang diatas rata rata ini pastinya bisa nutupin kekurangannya di vocal. gak banyak yang bisa gua bahas soal hitomi pokoknya intinya hitomi ini dancing machine yang gemesin abis. walaupun dia jago banget ngedance tapi dia baik banget dan gak haus banget sama posisi center gitu loh. jadi ya bisa mengurangi resiko terjadinya clash antar member. penilaian gua buat hitomi:

Vocal: 57
Dance: 88
Visual: 74
Other: 80

nilai overall B untuk hitomi yang gemesin

10. JO YURI

sumber: https://i2.wp.com/www.koreanesia.com/wp-content/uploads/2018/07/25-3.jpg?fit=800%2C636

nah jo yuri ini adalah main vocalistnya IZ*ONE. lahir di tahun 2001. vocalnya stabil dan powerful banget. dia bisa ngehit highnote dengan sangat powerful. pokoknya jo yuri ini powervocalnya IZ*ONE deh. gak usah banyak banyak lah ya bahas soal vokalnya jo yuri. karena emang gak ada yang perlu dibahas. pokoknya kalo masalah vocal udah kita percayakan aja sama yuri. kalo masalah dance ya jo yuri ini cukup lah. gak buruk tapi gak bagus bagus amat juga. standar lah untuk idol. cukup baik. nah sekarang bahas visual. kalo menurut gua jo yuri ini adalah perpaduan antara Choi Yujeong WekiMeki + Kim Namjoo Apink. kalo gak setuju gapapa, ini menurut saya aja loh ya. dan mohon maaf lagi nih, menurut gua kalo bahas visual bisa dibilang jo yuri ini adalah yang terlemah di IZ*ONE. menurut saya. tapi gapapa, idol gak selamanya harus cantik. karena jadi idol itu yang dijual bukan cuma muka. gua juga gak bisa bahas banyak banyak soal jo yuri karena selain vocalnya ya jo yuri ini gak meninggalkan kesan apa apa buat gua. jadi bisa langsung ke penilaian gua aja ya:

Vocal: 90
Dance: 70
Visual: 50
Other: 65

overall B- untuk jo yuri sang main vocalist

11. AHN YOOJIN

sumber: https://pbs.twimg.com/profile_images/1013602237296173056/PSpDPE5A_400x400.jpg

nah ini nih yang dari awal di gadang gadang bakal masuk ke line up debut IZ*ONE. dan ternyata benar terjadi kan. yoojin ini cantik dan gemesin ya. visualnya udah gak perlu diragukan lagi lah. kelahiran tahun 2003. asalnya dari starship bisa dibilang calon penerusnya sistar dan wjsn. kalo menurut gua center material banget sih yoojin ini. ditambah lagi dengan kemampuan dancenya yang asik banget. terus juga yang gak gua duga ternyata kemampuan vocalnya yoojin ini cakep juga ya. baru sadar di episode terakhir produce. sayang banget yang kaya gini gak di ekspos dari awal. intinya dia bisa jadi center yang cantik dan bersinar ditengah panggung tapi tetep dilengkapi kemampuan dance dan vocal yang solid abis. terus balik lagi ke visual ya. yoojin ini kalo menurut gua adalah perpaduan antara aktris Jung Somin + Exy WJSN. BTW SIAPA SIH YANG TAHAN SAMA DIMPLESNYA YOOJIN INI???? manis cantik dan imut jadi satu ya si yoojin ini. gak kuat deh. meleleh saya kalo yoojin udah senyum tuh. apalagi si yoojin ini vibe nya selalu refreshing dan orangnya juga lucuu kocak gitu selama di produce. becandaan mulu deh pokoknya. yoojin ini juga easygoing banget dia deket sama siapa aja. pokoknya kalo ngambil kata kata dari lagunya  virgoun sih si yoojin ini adalah bukti dari cantiknya paras dan hati. anjay. langsung ke penilaian gua:

Vocal: 76
Dance: 83
Visual: 96
Other: 95

overall buat yoojin adalah A

12. JANG WONYOUNG

sumber: https://img.kpopmap.com/2018/07/jang-wonyoung-nationality-cover.jpg

yap di list kita yang terakhir ini ada maknae sekaligus center IZ*ONE. tidak lain tidak bukan adalah jang wonyoung! lahir di tahun 2004. walaupun paling muda, wonyoung ini adalah yang paling tinggi loh di IZ*ONE. wonyoung ini tingginya 168cm. jangan dibandingin sama nako wkwkwk. tapi nih walaupun tinggi gitu tetep aja si wonyoung ini tetep keliatan imut bangettttt. pipinya juga lumayan tembem walaupun masih belom ngalahin hitomi sih wkwk. cantik? bangettt. kalo diliat liat wonyoung ini matanya memancarkan vibe yang refreshing banget. pokoknya jadi pengen ngeliating terus deh. wonyoung ini adalah salah satu yang menarik perhatian gua di awal awal episode. kalo bahas vocal sih wonnyoung ini gua nilainya kurang, tapi gapapa karena seperti yang gua bilang terus daritadi. tertutup sama visual dan stage presence dia. juga bisa dibantu oleh vocalist vocalist lain di IZ*ONE. nah sekarang bahas dance. kalo ngeliat wonyoung ngedance ini cukup asyik ya wkwkwk. selain kemampuannya yang cukup baik, mungkin dibantu juga sama bentuk badan dia yang bagus. kebantu juga sih sama tinggi badannya. intinya kita jadi pengen ngeliat si wonyoung ini ngedance terus deh. tapi walaupun begitu gua sih ngeliatnya kurang sreg aja gitu wonyoung jadi center. kalo menurut pandangan gua yang lebih cocok jadi center itu mungkin bisa sakura atau minjoo kali ya. mungkin beberapa ada yang setuju sama gua, ada juga yang nggak. sekali lagi gua bilang, beda pendapat itu gapapa. asal jangan jadi ribut cuma gara gara beda pendapat. sip langsung aja ke penilaian gua buat wonyoung:

Vocal: 63
Dance: 78
Visual: 90
Other: 68

overall B buat wonyoung dari gua

nah begitu deh pendapat gua tentang 12 member dari IZ*ONE. buat kalian yang baca boleh berpendapat di komentar. boleh juga kalian sampein kalo emang gak setuju sama pendapat gua. tapi ya gua ingetin, sampaikan dengan baik baik ya wkwkwk. boleh juga tulis siapa bias kalian. bebas deh mau komentar apa aja tapi yang baik baik ya

bye semua
assalamualaikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman magang arsitektur (Lanjutan pengalaman interview magang)

BHAK

Keluh kesah mahasiswa arsitektur