Keluh kesah mahasiswa arsitektur

Wassalamualaikum bro! Yha gua kembali nulis lagi dengan alasan GAVVVVUUTTT.
Kenapa gua gabut? Yha karena tugas tugas besar gua semuanya udah kekumpul, tinggal uasnya doang. Padahal belom ngumpulin maket sih. Tapi maket dikumpul pas uas jadi masih lama selaw lah ya hehe
Eh pada tau gak sih maket itu apa? Jadi di dunia arsitektur itu maket tuh diperluin banget. Simplenya sih maket itu ya bentuk rancangan sebuah bangunan dalam skala yang lebih kecil. Mungkin banyak yang akrab nyebut miniatur juga kali ya.
Eh gua jelasin maket gini tapi yang baca siapa ya? Hehe lanjut
Jadi semester ini gua dikasih tugas ngerancang pusat informasi cagar budaya yang lokasinya di kabupaten bogor. Ini buat mata kuliah studio perancangan arsitektur ya.
Tau gak sih proses perancangan itu gimana? Jadi kalo yang gua alamin selama tiga kali ngambil mata kuliah perancangan sih yang gua tangkep pertama tama kita harus banget yang namanya analisa tapak
Nah tapak itu apa? Bisa juga disebut site. Atau orang orang lebih familiar sama lahan kali ya. Ya jadi tapak itu tempat bangunan bakal dibangun. Dibangunnya bukan pake alarm. Itu dibangunin sih hehe
Banyak yang dianalisa mulai dari peraturan daerahnya, aklimatisasinya dll. Intinya gimana caranya kita ngatasin permasalahan yang menghambat proses rancangan.
Misal kita mau bikin perpustakaan nih, tapi di daerah situ berisik entah karena kendaraan atau anak anak. Nah kita harus cari solusi gimana caranya kita tetep bisa bangun perpustakaannya. Padahal mah bisa sih tapi kan nanti perpusnya jadi gak efektif ya hehe.
Contoh aja misal kita pake dinding tebal yang kedap suara. Atau bisa kita perbanyak pohon pohon didepan bangunannya itu ngaruh loh. Jadi yang dirancang itu bukan sekedar bangunannya aja. Tapi keseluruhan dari tapak termasuk taman, kolam ikan dll.
Setelah segala macem analisanya (yang gak bisa gua jelasin semua maap wkwk) baru deh masuk ke proses desain. Nah disini kita mulai mikirin nih konsep bangunannya mau kaya gimana.
Pemilihan konsep ini salah satu yang selalu bikin gua pusing ya setiap semester:( mikirin konsep itu menyayat otak banget guys, kadang gua suka merasa mau gantung diri. Gak sih lebay hehe
Setelah dapet konsep terus kita mikirin, gimana caranya nih bangunan kita bisa keliatan konsepnya. Misal konsep gua ubur ubur, terus gua bikin bangunan gua bentuk ubur ubur (tapi percayalah, gak sesimple itu)
Kemudian baru deh bikin gambar kerjanya (ini yang bisa bikin gak tidur 4 bulan). Gambar kerja itu ada denah, tampak dan potongan. Denah kayanya gak usah gua jelasin ya.
Gambar potongan itu apa? Jadi bayangin rumah kalian dipotong dari atas. Iya anggep aja kaya ngebelah semangka atau duren. Duren setelah dipotong keliatan isinya kan? Nah tujuannya bikin gambar potongan ya begitu.
Nah kalo gambar tampak itu ada tampak depan, belakang sama samping. Kalo tampak depan ya gimana gambar bangunan kalian kalo diliat dari depan. Begitu juga yang belakang sama samping.
Yang beginian nih yang bikin gak tidur, ngabisin kopi ajasih kuliah arsitektur ya:(
Yaudah sih gitu aja keluh kesah dan informasi dari gua sebagai mahasiswa arsitektur yang baru setengah jalan ini. Ada yang mau ngucapin goodluck gak buat uas gua? Ada kek:( yaudah kalo gaada. Gua ngambek.
Gak deng, kalo gaada kan gua juga mau ngambek sama siapa ya:( yaudah assalamualaikum bro!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman magang arsitektur (Lanjutan pengalaman interview magang)

BHAK