Kelanjutan hidupku (aw)

 Assalamualaikum teman2

hehe

Kembali lg bersama saya yg tetap hidup walau tidak berguna. becanda hehe eh serius gakya. gimana sih? gitu dah. Kembali menulis sejak akhir mei. Selama bulan juni, alhamdulillah lumayan banyak pesanan design yg masuk hehe jadi agak sibuk dan gak nulis. Ya, walaupun bayarannya gak seberapa, tapi cukup. Alhamdulillah. Gak lupa juga sambil kirim2 lamaran kerja ke berbagai perusahaan. 

Singkat cerita, sampailah di tangal 20an juli. Tiba2 dapet panggilan interview di sebuah perusahaan. Posisinya designer, tapi bukan bangunan. Tapi ya tetap bikin gambar kerja dan 3D. Syukurnya, deket bgt dari rumah, 8-15 menit lah. Tergantung macetnya. Aku dateng ke kantornya tuh. Sebenernya awalnya sih ragu, takut bgt penipuan. Abis gmn ya, kalo gw udah miskin, kena tipu, kan makin berat hidup gw wkwkwk tapi akhirnya aku beranikan diri dan berhusnudzon.

Sampe di sana, aku disuruh isi data dan kerjain psikotest. Udah gitu ditest bikin 3D. Ada 1 org lain yg ngelamar posisi yg sama. Kerjaanku selesai duluan, akhirnya baru dipanggil interview. Di interview ditanya2 biasa lah mengenai pekerjaan sebelumnya, akan berkontribusi seperti apa untuk perusahaan dll. Alhamdulillah lancar. Katanya kalo oke, dipanggil untuk interview selanjutnya.

Singkat cerita, dipanggil untuk interview kedua. Langsung ketemu sama manajernya alias istrinya pimpinan perusahaan. Gak panjang lebar sih, cuma ditanya2 lagi tentang skill. Bisa pake software apa aja gitu. Kemudian baru deh penawaran gaji. Mungkin sebaiknya gak saya buka di sini wkwk tapi bisa dibilang relatif kecil. Tapi ya, uang bukan semata2 tujuanku hehe. Dalam mencari kerja, pertimbanganku ada 4. 

Yang pertama, jobdesc/tanggungjawab. Apa aja yg bakal aku kerjain? Sesuai sama keahlianku gak? Aku bakal suka ngerjainnya gak? Terus bakal banyak ngeluh gak kalo ngerjain ini? Kesulitannya gimana? Yg gitu2 deh. Ini menurutku aspek utama yg harus terpenuhi dalam nyari kerja. Eh ini untuk aku sendiri ya. Kalo org lain beda pemikirannya yaudah alias hehe. Apasih jingggg???

Yang kedua, lokasi. Jarak tempuhnya. Waktu yg dihabiskan di perjalanan pergi dan pulang. Aksesnya, misal kendaraan umumnya, atau harus pakai kendaraan pribadi. Nah untuk tempat kerja ini udah jelas dong, lokasinya mah aman wkwk deket bgt soalnya.

Ketiga, Lingkungan kerja. Lingkungan kerja yg gw maksud di sini adalah gmn sih tempat kerjanya? Nyaman apa nggak? Org2 di dalamnya gimana? Ini gak terlalu bisa di nilai dari luar sih, harus udah mulai kerja beberapa minggu dulu baru keliatan. Walaupun sekilas bisa dinilai saat datang interview.

Keempat/terakhir yg sudah pasti harus dipertimbangkan yaitu gajinya dong. Kenapa ini terakhir? Karena menurutku, gaji itu yg penting cukup. Cukup untuk apa? Kebutuhan. Seperti makan, listrik, internet dll. Nabung. Kenapa harus nabung? Karena hidup itu harus berkembang. Ya gak harus sih, terserah juga kalo ada org yg mau hidupnya gitu2 aja. Berkembang tuh gimana? Kalo untuk gw casenya, yg primer dulu deh. Gw ini designer. Sedangkan laptop gw bangsat bgt. Apalagi gw bikin 3D dan rendering juga. 

Gimana cara gw berkembang? Beli laptop baru. Dengan begini gw bisa lebih banyak bereksperimen dalam membuat design. Kok gitu? Ya iya. Modeling dan Rendering lebih cepat. Kalo laptop gw pas2an terus. Akhirnya design gw gitu2 aja. Karena kalo gw punya ide "ah di dapur gw buat ini ah" tapi baru ngeklik sekali udah not responding ya akhirnya males duluan. Belom lagi dikejar deadlinenya. Akhirnya yaudah kirim aja yg begitu. Kalo laptop gw bagus, artinya design gw bisa berkembang. Kualitas gambar gw juga bisa lebih bagus. Artinya apa? Harga gw bisa naik.

Nah di tempat ini. Jobdescnya sangat sesuai dengan keahlian gw. walaupun gak terlalu menyenangkan, karena yg dibuat bukan bangunan. Gw belum mau jelasin apa yg dibuat, tapi ya yg didesign itu2 aja. Monoton. Gw gak yakin bisa berkembang cukup jauh di sini. Tp untuk sekarang, karena gw butuh duit juga, jadi ya oke lah.

Lokasi udah gak usah dibahas lagi, udah oke banget wkwkw lanjut ke lingkungan kerja. Gw dari awal interview belum ngeliat keanehan apa2 ya dan tempatnya juga terlihat cukup normal. Jadi untuk awal2 pertimbangan gw oke2 aja sih untuk lingkungannya.

Nah di gaji nih. Yang gw bilang tadi, relatif kecil. Tapi cukup. Lagipula tempat gw deket. Gak berat di ongkos. Makan siang tinggal pulang atau bekel lah. Apalagi sekarang lagi PSBB masa transisi kan. Gak terlalu banyak pengeluaran juga. Tapi listrik naik hadu. Intinya gw merasa cukup. Walaupun kecil. Itungannya gak oke sih tapi yaa yaudah wkwk nah dengan pertimbangan tersebut akhirnya gw terima penawarannya dan gw udah mulai kerja dari tanggal 1 Juli. Dan ternyata teman kerjanya cukup menyenangkan. Jadi semakin oke dengan lingkungan kerjanya ya. 

Ohiya, pertimbangan ini gw pake sejak awal lulus kuliah sampai interview di tempat ini ya. Untuk berikutnya mungkin pertimbangan gw akan berubah. Berikutnya gw akan mulai nyari tempat gw bisa berkembang secara personal, skill maupun karir. Kapan? Ya masih lama sih kayaya. Doakan saja yg terbaik untukku (gak maksa sih). Baiklah begitu dulu tulisanku kali ini.

Ohiya, sebenernya bulan lalu aku dapet project design rumah. Jadi aku selama bulan Juli itu pagi ngantor sampe sore, malem ngerjain project freelance. Projectnya akan aku ceritain di tulisanku selanjutnya ya.

Bye

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman magang arsitektur (Lanjutan pengalaman interview magang)

BHAK

Keluh kesah mahasiswa arsitektur