Pengalaman pertama interview buat magang

haloooo
assalamualaikum guys

ya jadi walaupun lagi gak liburan gua sempetin buat nulis lagi nih
ya karena pengen aja, padahal gak lagi gabut ya

okay pertama tama gua tulis (iya ngetik kok) ini berdasarkan pengalaman gua yang beneran kejadian ya, sebenernya gatau sih ya ini itungannya ngebocorin interview tuh sama kaya ngebocorin soal ujian apa nggak. jadi ya gak gua sebut aja nama perusahaannya ya. karena kalaupun gua bocorin juga kan setiap perusahaan pasti punya pertanyaan dan kriteria yang beda beda buat calon pekerjanya.

ya jadi kemarin gua baru selesai semester 5. buat yang belom tau gua infoin ya kalo gua ini mahasiswa arsitektur hahahaha as if ada yang mau tau aja. jadi di semester 6 itu ada mata kuliah yang namanya etika dan praktek keprofesian. setiap jurusan dan tiap kampus punya kebijakan yang beda beda ya, jangan dikira semua kampus ada mata kuliah ini di semester 6.

jadi mata kuliah etika dan praktek keprofesian ini gua singkat aja jadi epk aja ya. mata kuliah epk ini mewajibkan mahasiswanya buat magang di sebuah perusahaan. tapi gua gatau ya apa itu pt apa itu cv wkwkwk pokoknya biasanya depannya ada tulisan pt atau cv nya sih. harusnya sih ya magangnya udah mulai dari liburan dari semester 5>6. karena magang itu biasanya minimal 4 bulan. jadi sambil kuliah juga sih. tapi karena temen temen gua juga pada santai gua juga kebawa santai yang berujung kelabakan wkwkwk

selama liburan gua main mobile legends mulu kan sampe legend kayak orang gendeng wkwkwk sampe sampe gua belom bikin cv dan portfolio. cv sih gua rasa udah banyak yang tau ya, bukan cv yang temennya pt gua sebutin tadi loh. cv disini curriculum vitae. intinya sih kaya tulisan yang menceritakan secara singkat elo siapa dan punya pengalaman apa aja, juga skill apa aja yang lu punya sampe riwayat pendidikan. kemudian kalo portfolio itu biasanya sih buat yang di bidang seni atau design ya. gatau mungkin bidang lain ada yang pake atau nggak. jadi portfolio ini isinya sih biasanya tugas tugas yang pernah kalian kerjain selama kuliah. atau kalo mungkin kalian punya kerjaan atau diminta orang buat ngedesign apa gitu kan bisa juga dimasukin. jadi intinya ya buat pamerin lah lu bisa apa aja sih.

ya jadi gua mulai cari cari referensi cv dan portfolio. di pinterest banyak banget sih keren keren. ada yang english, indonesia sampe ke bahasa spanyol atau apalah itu yang gua gak ngerti. tapi cakep cakep. jadi di penghujung liburan baru deh tuh gua ketar ketir bikinnya supaya menarik. gua kirim ke beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan dan design bangunan. mulai dari developer, konsultan arsitektur sampe design interior juga. akhirnya ada salah satu perusahaan developer yang manggil gua untuk dateng interview ke kantornya di jakarta pusat. sebut aja pt kucing meriang kali ya.

ya jadi di pt kucing meriang ini gua diminta dateng jam 10. sampe sana gua diminta untuk isi sejenis kuisioner gitu, mulai dari nama, ttl sampe pertanyaan pertanyaan yang kaya interview kerja pada umumnya. kaya "apakah anda bisa bekerja dibawah tekanan?". sampe gua pikir "buset deh ini perusahaan interviewnya kagak lisan?". udah kelar ngisi itu kuisioner, gua diminta design rumah 3 lantai, pake basement. yang diminta gambar denah (kalian pasti tau kan?), tampak, perspektif sama detail. itu gua ngerjainnya agak lama ya wkwkwk kemudian sorenya gua diminta bikin model 3d (sketch up) dari gambar denah dan tampak yang disediakan sama mereka. tapi gambarnya fotokopian:( kagak kebaca:( gua musti mikir keras buat nerjemahinnya ke 3d. jadi pas lagi bikin model 3d nya gua ditinggal gitu. terus pas udah selesai gua bingung. orangnya gaada. gua mau bilang "udah" tapi juga mau bilang ke siapa ya kan:( akhirnya gua nunggu disitu kaya orang dongo sekitar hampir sejam lah ya.

kemudian orang yang tadi ngasih soalnya turun tapi gak sendiri. dia ditemenin sama 2 orang. yang satu meriksa 3d model gua, yang dua sambil nanya nanya gua berdasarkan jawaban jawaban gua di kuisioner tadi. ternyata kuisioner yang tadi bukan interviewnya, tapi jadi bahan untuk interview gitu. orangnya asik asik dan baik baik juga sih. mereka sangat welcome sama calon anak magang. mungkin sama calon karyawan tetap juga welcome sih. mereka bilang "anak sekarang bikin 3dnya bagus bagus ya". disini gua agak bangga WKWKWKWKWKWWK. jadi udah ok semuanya. mereka kaya ngobrol gitu kan. "gimana nih pak? ok?" "ya ok gambarnya sih, 3dnya juga bagus". kemudian gua ditanya "bisa mulai kerja kapan?". terus gua jawab "kalau memang diterima disini, saya kan magangnya sambil kuliah, jadi saya harap juga bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah saya". disinilah gua mulai merasa wadragadaw. wadragadaw apa bang artinya? cari sendiri ye hehehehe. ok lanjut.

jadi ternyata pt kucing meriang ini cuma nerima yang magangnya fulltime:( contohnya kaya temen gua yang anak binus gitu kan yang emang pada saatnya magang mereka gak ada kuliah. paling cuma laporan magang aja ke dosen sebulan sekali. kata temen gua yang di binus ya. jadi kampus gua sistemnya gak kaya gitu, dan itu gak bisa di terima sama pt kucing meriang, karena katanya mereka pernah nerima yang sambil kuliah gitu tapi katanya gak fokus. ya gak fokus kuliah, gak fokus magangnya juga. jadi wadragadaw semuanya. hehehe agak kecewa sih gua udah bangun pagi berangkat dari bekasi ke jakpus yang macetnya seperti tidak tertolong lagi. mana gua sampe sore juga kan. akhirnya untuk mengobati kekecewaan gua, gua makan pepper lunch dong:( unless sama orang tua sih ya gua gak biasanya makan di tempat ginian:( mahal banget kan ya:( tapi ya sesekali buat menghibur diri gapapa lah ya wkwkwk

setelah makan pepperlunch gua agak happy. tapi karena capek, mau langsung pulang naik gojek aja, ogah kan naik umum karena nunggunya lama dan gua gak punya kartu flazz atau e money gitu kan. tapi 80000 anjir:( mana gua abis makan hedon wkwkwkw yaudahlah akhirnya gua naik gojek sampe stasiun kereta aja. yaudah abis order, dapet driver kan. pertama ngobrol sama abang gojeknya asik kan ya wkwk abangnya juga kayanya kepo sama arsitektur gitu. eh lama lama gua tidur karena capek wkwkwkw maapin ya bang, gua kasih bintang lima kok sama tip goceng. soalnya gini. itu kan hari rabu ya. selasanya ini gua bangun tidur jam 2 siang wkwkwk jadi malemnya gabisa tidur kan, akhirnya gua mau interview kagak tidur tuh. jadilah bablas di gojek wkwk

ok kemudian sampe stasiun padet banget bossss as always. apalagi arah bekasi kan. dan so pasti gua gak dapet duduk wkwkwk gua mengerti kok kalian yang naik kereta juga pasti gak kalah capeknya sama gua. akhirnya gua turun di stasiun kranji jam 9. agak cape juga kan berdiri 2 jam lebih dari jakpus sampe bekasi wkwk jadi gua dari stasiun yang di jakpus abis solat magrib gitu sih. yaudah gua pesen gojek lagi dari kranji kerumah. abangnya baik juga tapi gak seasik yang tadi, tetep gua kasih bintang lima tapi gak pake tip. dan kemudian sampe ruma gua langsung cari cari tempat magang lagi dah di web wkwk oiya sebenernya pt kucing meriang ini minta gua kabarin lagi sih, seandainya gua bisa gak sambil kuliah. misal akhirnya gua mutusin buat cuti atau batal ambil matkul. akhirnya gua tanya dah ke orang orang terdekat gua. gimana saran mereka. ada yang nyaranin cuti dulu aja. ada juga yang nyaranin kalo bisa jangan ganggu kuliah karena semester 6 ini berat. ada yang ngasi pro kontra dari pilihan pilihan yang mungkin gua ambil. ada yang nyuruh istikharah. ya akhirnya gua pikirin mateng mateng semuanya kemudian ya gua memutuskan untuk..................................

eits nanti gua lanjutin ceritanya
hahahahahahaha
kayak drama korea ya pake lanjutan wkwkwk
ya gapapa lah ya mungkin bisa menarik bagi pembaca
ya pembaca blog gua siapa sih tapi ya:(
ya anggep aja ada lah ya

ok segitu dulu cerita dari gua buat malem ini
buat kalian yang males baca
gapapa kok:(
bye
assalmualaikum semua

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman magang arsitektur (Lanjutan pengalaman interview magang)

BHAK

Keluh kesah mahasiswa arsitektur